Ibrahim dan Seorang Majusi

Seorang Majusi datang kepada Nabi Ibrahim AS, lalu memintanya agar dilayani sebagai tamu. Maka berkatalah Nabi Ibrahim AS kepadanya, "Aku takkan melayanimu sehingga kamu keluar dari agamamu meninggalkan agama Majusi". Dan orang itu pun pergi berlalu. Kemudian Allah swt mewahyukan kepada Ibrahim, "Wahai Ibrahim, kamu tidak mau melayaninya kecuali dia mau keluar dari agamanya. Apa ruginya kamu sekiranya kamu melayani dia malam ini, padahal Aku memberinya makan dan minum selama tujuh puluh tahun sedang dia kafir kepadaKu."

Pagi harinya, Ibrahim AS mencari orang Majusi itu sampai ketemu, lalu diajaknya dia berteman. Maka berkatalah Majusi itu kepada Ibrahim AS : "Alangkah mengherankan engkau ini. Kemarin engkau mengusir aku, dan hari ini engkau mencari aku."

Maka Nabi Ibrahim AS memberitahukan kepadanya, bahwa Allah Ta'ala telah mewahyukan kepadaku mengenai dirimu begini dan begini.

Majusi itu berkata: "Benarkah Tuhan memperlakukan aku sedemikian rupa, padahal aku kafir terhadapNya? Ulurkanlah tanganmu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, dan bahwa engkau adalah utusan Allah."

Wallahu A'lam.

(Demikian tersebut pada sebuah kitab nasihat, dan disebutkan juga oleh Syaikh Sa'di dalam kitabnya al-Bustan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar