Di Antara Peristiwa di Hari Kiamat - 2

Maka Allah Ta'ala berfirman : "Wahai Jibril, orang yang pertama-tama memasuki surga-Ku adalah Muhammad saw." Maka dipasangkanlah di atas kepala beliau sebuah mahkota dari cahaya. Beliau mengenakan sutra hijau, sedang di hadapan beliau ada tujuh puluh ribu panji dibawa orang. Beliau sendiri membawa Bendera Puji.
Kemudian disurukanlah : Manakah orang-orang yang dulu lebih menyukai orang-orang fakir, sedang mereka menempuh jalan Muhammad saw dan mengikuti sunnahnya?" Lalu dikatakan : "Berangkatlah kamu sekalian bersama Nabimu ke surga."

Sesudah itu barulah Nabi Adam AS didatangkan, sedang di atas kepalanya ada sebuah mahkota dari cahaya, dan dihadapannya ada delapan ribu panji. Maka ditanyakanlah : "Mana orang-orang yang telah berhaji dan berumrah? Adam AS adalah pemimpin mereka ke surga."

Kemudian didatangkan pula Nabi Ibrahim AS, sedang di hadapannya ada dua puluh ribu panji, terus ditanyakan: "Manakah orang-orang yang menyukai tamu dan berbuat baik kepada orang-orang asing? Ibrahim AS-lah pemimpin mereka ke surga."

Selanjutnya, Nabi Yusuf AS didatangkan pula, sedang di hadapannya ada sepuluh ribu panji. Kemudian ditanyakan: "Manakah orang-orang yang tidak menuruti keinginan-keinginan nafsu mereka ketika mampu melampiaskannya? Nabi Yusuf AS-lah pemimpin mereka ke surga."

Seterusnya didatangkanlah Nabi Ya'kub AS, kemudian ditanyakan: "Manakah orang-orang yang berbuat kebajikan kepada tetangga-tetangga mereka? Nabi Ya'kub AS-lah pemimpin mereka ke surga."

Lalu didatangkan Nabi Musa AS, kemudian diserukan : Manakah orang-orang yang mengatakan yang benar demi keridhoan Allah Ta'ala? Nabi Musa AS-lah pemimpin mereka ke surga."

Berikutnya Nabi Harun AS didatangkan, lalu ditanyakan: "Manakah orang-orang yang berlaku adil ketika menjadi khalifah? Maka Nabi Harun AS-lah pemimpin mereka ke surga.

Sesudah itu, Nabi Ayub AS didatangkan, terus ditanyakan: "Manakah orang-orang yang bersabar di kala mengalami penyakit dan bencana? Nabi Ayub AS-lah pemimpin mereka ke surga."

Kemudian didatangkan pula Abu Bakar ash-Shiddiq RA, sedang di atas kepalanya terpasang mahkota dari cahaya, berpakaian sutra halus dan sutra tebal. Maka diserukan: "Manakah orang-orang yang shiddiq? Abu Bakar-lah pemimpin mereka ke surga.

Seterusnya Umar bin Khathab RA didatangkan, lantas ditanyakan: "Manakah orang-orang yang menyuruh yang ma'ruf dan mencegah yang mungkar? Umar-lah pemimpin mereka ke surga.

Berikutnya, Utsman bin Affan AS didatangkan. Dia mengenakan baju Malu. Terus ditanyakan: "Manakah orang-orangyang tidak melakukan kemaksiatan-kemaksiatan karena malu kepada Allah Ta'ala? Utsman-lah pemimpin mereka ke surga."

Sesudah itu didatangkan Ali bin Abu Thalib AS, kemudian ditanyakan: "Manakah orang-orang yang berperang di jalan Allah? Ali-lah pemimpin mereka ke surga."

Selanjutnya al-Hasan dan al-Husain -semoga Allah meridhoi mereka berdua-, kemudian ditanyakan: "Manakah orang-orang yang teraniaya dan terbunuh dalam mentaati Allah? Maka, mereka berdua-lah pemimpin mereka ke surga."

Seterusnya Mu'adz bin Jabal RA didatangkan, kemudian ditanyakan: "Manakah para Fuqaha'? Mu'adz-lah pemimpin mereka ke surga."


Berikutnya Bilal al-Habsyi RA didatangkan, kemudian ditanyakan : "Manakah para mu'adzin? Bilal-lah pemimpin mereka ke surga." (Tafsir at-Taisir)

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar